10 tempat wisata di Garut yang ramai di kunjungi versi Traveloka


KABARJABAR-Objek Wisata di Garut - Garut merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Barat . Terkenal dengan makanan dodol khas Garut, objek wisata yang ditawarkan Garut juga tak kalah menarik untuk dijelajahi yang mana dalam versi traveloka di sebutkan 14 tempat wisata di kabupaten garut yang paling di gemari di kalangan taveler.  


1 .  Gunung Papandayan 


sumber foto @papandayan_id

Gunung Papandayang yang berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat menduduki no satu yang mana Menjelajahi tempat wisata terbaik yang ada di Kabupaten Garut. tidak lengkap bila tidak mencoba berwisata ke Gunung Papandayan. Di Gunung Papandayan menyajikan keindahan alam khas pegunungan yang dinominasi perbukā€¦

2. Candi Cangkuang


sumber foto candicangkuang_garut

Candi Cangkuang hanya terdiri dari 1 candi saja Garut - Travelers yang tengah wisata ke Kota Garut jangan lewatkan ke Candi Cangkuang, Candi ini kaya akan nilai sejarah dan lokasinya yang berada tengah danau. Candi ini berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Candi ini terkenal dengan letaknya yang berada di tengah danau/situ Cangkuang. Untuk mengunjungi candi ini wisatawan harus menggunakan rakit yang telah disediakan, objek wisata di sini selain Candi Cangkuang ada juga makam Embah Dalem Arief Muhammad dan Kampung Pulo.Adapun  Sejarah Candi Cangkuang sendiri merupakan sebuah candi hindu pada abad ke-8 yang ditemukan oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita pada tahun 1966. Candi Cangkuang berukuran dengan panjang 4,5 x 4 meter persegi dan tinggi 8,5 meter, candi ini dipergunakan sebagai tempat beribadah dan peristirahatan. Di dalam Candi Cangkuang terdapat patung Dewa Siwa.Hal yang mengesankan pada candi ini adalah lokasinya yang bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, yaitu pemuka/penyebar agama islam di Desa Cangkuang pada abad ke-17.Hal ini membuktikan bahwa dahulu penduduk dengan pemeluk agama hindu, animisme, dinamisme dan islam di Desa Cangkuang bisa hidup beriringan dan rukun. Pada kawasan ini kita juga dapat menemukan kompleks perumahan di Kampung Pulo yang terdapat enam rumah adat dan sebuah mushala.

3. Pemandian Air Panas Cipanas


sumber foto @noer_fitri

Tentunya lokasi kawasan Cipanas ini cukup dekat dengan wilayah Kota Garut. Di sana Anda bisa memilih tempat pemandian air panasi yang diinginkan.Banyak hotel atau resort yang menawarkan pemandian air panas dengan ragam permainan anak-anak.Bahkan beberapa tempat menawarkan beberapa kolam air panas dengan suhu yang berbeda-beda.Rata-rata pemandian air panas di Cipanas, Garut buka sejak sekitar pukul 06.00 WIB hingga Malam Hari Pengunjung dapat menikmati waktu bersama keluarga dengan berenang di kolam yang memiliki lahan yang lumayan luas dengan berbagai atraksi air di dalamnya.

4. Kawah Putih Telaga Bodas


sumber foto @rasyiqul.kayyis

Talaga Bodas Garut merupakan objek wisata pegunungan berupa danau yang terbentuk di kawah gunung. Nama Bodas digunakan karena air telaga berdiameter 2 km ini terlihat berwarna putih. Hal tersebut karena kandungan air danau yang terbentuk dari kawah ini mengandung belerang.


Kawah Talaga Bodas ini berada di lereng Gunung Galunggung pada ketinggian 1512 mdpl. Kawasan seluas 23,85 ha ini berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan indah menghijau. Airnya banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air panas dan pengobatan


5.Arung Jeram Sungai Cimanuk


Untuk kamu yang berjiwa petualang, cobalah sensasi menikmati arung jerang atau rafting di Sungai Cimanuk. Destinasi tempat wisata di Garut ini akan mengajakmu mengarungi derasnya aliran Sungai Cimanuk dengan dayung, perahu karet dan pelampung keamanan. 


Sungai Cimanuk, termasuk kategori jeram kelas 3. Grade ini memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan, lebar sungai menyempit dan jeram sesekali dapat membalikkan perahu namun resiko masih relatif kecil. Hal ini membuat Arung Jeram Sungai Cimanuk masih relatif aman namun cukup seru juga untuk diarungi, karena mempunyai jeram-jeram yang menantang.Ada beberapa rute pengarungan di Sungai Cimanuk, yaitu Sungai Cimanuk Atas, dari Bayongbong hingga Garut Kota, dan Sungai Cimanuk Bawah, dari Banyuresmi hingga Cibatu. Keduanya memiliki karakter dan tantangan tersendiri dan menarik untuk diarungi. Panjang pengarungan juga bisa diatur dari mulai 5 hingga 10 km.

6. Pantai Rancabuaya